Friday, October 11, 2013

IKLIM DEMOKRASI MAHASISWA MAKASSAR


Ikut-ikut melihat suasana demonstrasi di jalan Pettarani Makassar
(Sebelum suasana "memanas")
Duduk-duduk di selasar kampus dan menikmati secangkir kopi serta percakapan yang menegangkan. Kami mendapat kesempatan berharga mencicipi iklim berdemokrasi para mahasiswa Makassar. Melalui serangkaian diskusi malam juga saat bertandang ke kompleks Unit Kegiatan Mahasiswa, kami saling bertukar pikiran tentang perkembangan dunia kampus.

Transparansi dana kampus, geliat lembaga siar, hingga berbagi ide-ide untuk membuat kegiatan mahasiswa antar instansi. Kebetulan saat kami datang, isu yang sedang santer adalah kenaikan bahan bakar minyak. Kami mendengar kabar akan adanya demonstrasi besar-besaran menolak kenaikan harga BBM.


Sebenarnya dalam hati kami sempat khawatir bila terjebak dalam sebuah situasi demonstrasi yang kacau, tentu akan mengganggu kelancaran pelaksanaan kegiatan kami. Apalagi dalam beberapa bulan terakhir terjadi kerusuhan dalam aksi-aksi demo yang dilakukan mahasiswa Makassar.

Dan memang terjadi. Saat kami iseng melihat jalannya aksi demonstrasi di Jalan Pettarani, kami harus mencicipi pedasnya peluru asap yang ditembakkan aparat untuk membubarkan aksi demo. Kami berhamburan dan diungsikan oleh kawan-kawan keluar kampus.

Majalah kampus UNM yang menampung aspirasi mahasiswa
Tapi bagaimanapun juga, saya salut akan semangat mahasiswa Makassar sebagai aktivis kampus. Kekritisan mereka dan kepedulian terhadap pergolakan yang terjadi akibat kebijakan pemerintah pusat sempat saya acungi jempol, meskipun nampaknya kehidupan kampus di Makassar lebih keras.


Atmosfir dunia aktivis mahasiswa begitu kental dan bagaimanapun juga saya berterimakasih pernah mencecapnya meski sebentar (dan yang penting selamat :D)





No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, kritik dan saran anda sangat berarti. Saya tunggu ya komentarnya...