Saturday, July 28, 2012

MAJALAH GRATIS BUAT PETUALANG


Buat kamu-kamu yang hobi petualang, entah itu cuma traveling, menikmati keberagaman flora-fauna Indonesia, atau yang bener-bener penggila adventure musti cobain buat download majalah-majalah ini. Jangan mau ketinggalan informasi tentang tujuan-tujuan wisata favorit atau info-info yang dibutuhkan untuk bertualang.
Nggak usah khawatir, karena majalah-majalah yang saya referensikan ini gratis asal kamu bisa download aja. Saya akan mencoba mengkategorikan majalahnya dan selamat mencoba mengunduh :D

PETUALANGAN

JEJAK
Kayaknya sih dimulai tahun 2008. Majalah Jejak diterbitkan oleh Mapala UI (Universitas Indonesia). Didalamnya berisi kegiatan Mapala UI, naik gunung sampai arung jeram. Bahkan kadang ngambil sudut-sudut konservasi yang mengulas Universitas Indonesia sendiri. Suka sih, karena JEJAK sendiri yang pertama kali saya unduh sebelum mengenal majalah-majalah lain. Tapi sayangnya saya kesulitan menemukan link untuk majalahnya yang terbaru. (Atau mungkin udah berhenti). Buat temen-temen yang punya infonya, please share yah >_<
Ini salah satu link nya Majalah Jejak 22 juni 2009

 



UMU
Saya menemukan UMU atas rekomendasi teman. UMU mengulas pendakian dan seputarnya, info-info dan safety tips dalam berkegiatan di gunung. Edisi ke 0 (nol) nya terbit pada 2011. Kalau UMU saya suka covernya, potretnya bagus dan tulisannya tertata (bagian cover). Tapi terbitnya nggak intens, padahal sempet nungguin juga.
Klik sini Download Majalah UMU




MOUNTMAG
Mountmag yang belakangan ini populer baik di kalangan PA (pecinta alam) atau penggiat pendakian. Pemimpin redaksinya Hendri Agustin yang juga salah satu pencetus ide Seven Summit Indonesisa. Mountmag sendiri juga rutin mengajak pendakian bersama. Dari judulnya saja pasti langsung ketebak ini majalah tentang gunung.
Isinya bagus, penuh, dan berisi, tapi terkadang tulisan di covernya nggak bisa dibaca. Bagaimanapun juga, info-info di majalahnya bagus dan berguna banget. Terutama share info trend lightweight hiking (favoritku). Saat ini mountmag sudah terbit hingga edisi ke 8 (Juli 2012). Kayaknya sih Mountmag terbit tiap dua bulan. Jadi siap-siap aja buat nungguin edisi selanjutnya :D
Coba kunjungi Mountmag


HIGHRISK MAGAZINE
Last but not least. Highrisk Magazine adalah majalah petualangan dengan layout full kartun. Ada komiknya juga. Majalah ini nggak cuma membahas gunung, tapi juga petualangan lain kayak arung jeram, panjat, dan caving. Nggak pernah terbit dalam pdf, Highrisk Magazine terbit dalam page flip yang atractif (ada lagunya).
Rupanya Highrisk Magazine ini bermarkas di Malang. Oh ya, majalah ini juga bilingual dengan bahasa inggris dan bahasa Indonesia. Edisi pertamanya baru aja terbit.
Lihat aja di Highrisk Adventure












TRAVEL/ WISATA

INFO BACKPACKER
Info Backpacker ini emang populer banget, krunya banyak, artikelnya macem-macem. Coba kunjungi websitenya, pasti kelihatan rame. Info Backpacker adalah majalah (yang seperti judulnya) tentang travel ber-backpacker ria. Nggak hanya di dalam negeri, artikelnya juga melipput luar. Rupanya Info Backpacker ini bersarang di Yogyakarta.
Enggak pernah terbit dalam versi pdf, tapi dengan page flip yang atractif dalam dua versi, windows dan mac. Saat ini Info Backpacker sudah terbit yang ke 11 dan muncul tiap dua bulan, intens.
Coba klik di sini nih Info Backpacker



BACKPACKIN
Backpackin ini juga berisi artikel-artikel traveling Indonesia. Meski hanya terbit dalam versi pdf, Backpackin mencoba berbeda dengan tampil dua versi. Ada yang versi Bahasa Inggris dan ada yang Bahasa Indonesia. Tapi konten nya sama. Cuma yang satu full Bahasa Indonesia yang satunya Bahasa Inggris.
Tengok di Backpackin Magazine


TRAVELIST
Saya menyukai photo-photo di Travelist. Covernya mengesankan “anggun” dan bikin penasaran. Yang ditonjolkan dari Travelist sepertinya memang foto dan konsep yang dibahas. Seperti, satu issue membahas makanan tradisional di Indonesia, dan issue berikutnya membahas musik. Travelist terbit dalam dua versi, PDF dan page flip. Page flipnya oke.
Klik di Travelis


BACKPACKIDEA
Kayaknya sih masih kerabat sama Backpakin.. hehe, Dari tampilannya memang kurang rapi. Tapi info-info perjalannya lumayan.
Coba lihat di Backpackidea



KEANEKARAGAMAN

SUARA SATWA
Suara Satwa bisa dibilang buletin (tapi majalah) yang diterbitkan oleh Pro-Fauna, lembaga yang berkonsentrasi terhadap perlindungan satwa liar. Tentu saja buletinnya juga banyak yang membahas tentang anekarupa permasalahan dan perkembangan satwa di Indonesia.
Lihat di Suara Satwa
  

GREENERS
Baru lihat pertama kali bersanding dengan halamannya eiger. Majalahnya versi pdf dan tentunya banyak banget menyuarakan isu-isyu lingkungan. Ada grupnya juga lo. Bagus banget menjadi forum ajang share berta lingkungan di wilayah Indonesia.
Silahkan kunjungi Greenersmagz


FOTO BIODIVERSITY
Yang ini punya forum pecinta fotografi keanekaragaman hayati di Indonesia. Tempat share foto dan sering mengadakan fotografi bareng di alam terbuka. Majalahnya udah terbit edisi ke tiga pada 23 Mei 2012
Click here FOBI













Sebenarnya masih banyak lagi, tapi ngecer dulu ya?
 Eman (sayang) kalau saya kasih tau semuanya. Silahkan browsing di internet. Pasti nemu. Karena geliat majalah gratis yang bisa diunduh via internet dengan PDF atau flash, dll… lagi hot-hotnya nih. Banyak temen-temen anak muda yang sedang memanggang tungku kreativitas. Ini sih masih sedikit dibanding yang diluar negeri. Apalagi yang diluar tema petualangan, sudah mendahului untuk menyajikan free magazine. Seperti fashion, lifestyle, surfing, band, komunitas, desain, fotografi, mereka punya pasar sendiri dan menerbitkan juga buletin, katalog, dan majalah.

Sementara ini dulu, kalau ingin tahu perkembangan selanjutnya stay in touch with Ayukpiyuk :D
(oh yah kalau temen-temen punya referensi majalah lain, share yah…)

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, kritik dan saran anda sangat berarti. Saya tunggu ya komentarnya...