Sunday, February 5, 2012

KOPI: MENGENALI JENIS BIJI

ANTARA ARABICA DAN ROBUSTA

Sejarah awal penemuan kopi berasal dari benua Afrika, lebih tepatnya ethiopia. Diceritakan bahwa seorang penggembala terheran-heran bagaimana seekor domba gembalanya bisa tetap bugar, meskipun matahari sudah tenggelam. Setelah ditelusuri, ternyata ternak tersebut telah memakan sejenis buah beri yang saat ini lebih dikenal dengan sebutan kopi.
Kemudian kopi masuk ke kawasan timur tengah pada 1000 SM dibawa oleh saudagar arab dan tercatat pertama kali dibudidayakan. Kopi biasa menemani sholat malam para shufi, karenanya sebutan kopi sendiri berasal dari qahwah yang artinya kekuatan. Yaitu memberi kekuatan untuk begadang.
Nah, itulah tadi sejarah singkat dari kopi… sekarang mari kita bahas tanamannya. Secara umum kopi yang beredar di seluruh dunia ini berasal dari dua varietas. Yang pertama adalah jenis Arabica (Coffea arabica) dan Robusta (Coffea robusta). Apa sih bedanya?


 
MORFOLOGI DAN LINGKUNGAN:
Coffea arabica memiliki biji kopi yang relatif lebih kecil dengan warna dari hijau, merah, hingga merah gelap. Buahnya berada di ujung batang. Untuk tempat hidup, arabica lebih memilih tempat dengan ketinggian antara 600-2000 mdpl (meter di atas permukaan laut) dan suhu tumbuh optimal 18-26 derajat celcius.
Coffea robusta memiliki biji kopi yang lebih besar daripada arabica. Buahnya berada pada ketiak batang dan tumbuh melingkar. Hidup di ketinggian antara 800 mdpl dan lebih resistan terhadap berbagai serangan hama.
Berikut adalah klasifikasi ilmiah keduanya :
Kerajaan:Plantae, Ordo:Gentianales, Famili:Rubiaceae, Upafamili:Ixoroideae, Bangsa:Coffeeae, Genus:Coffea
KUALITAS :
Arabica tentu merupakan kopi kualitas terbaik dan robusta nomor dua. Kalau arabica berasal dari ethiopia, robusta diperkirakan berasal dari kongo. Robusta memiliki rasa yang lebih pahit dan masam dengan kandungan kafein dua kali lipat dari arabica.
Robusta yang lebih mudah dibudidayakan serta resistan terhadap hama dan penyakit membuat harganya lebih murah di pasaran. Selain itu robusta juga menghasilkan lebih banyak buah dari arabica sehingga membuat kopi arabica lebih langka.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, kritik dan saran anda sangat berarti. Saya tunggu ya komentarnya...