Monday, October 22, 2012

PAGI HARI DI KUMBOLO


Permpuan bisa nge-guide ke gunung loh… Siapa yang nggak tertarik di guide oleh dua gadis manis tapi serampangan dan sarap #narsis
1

Hari Selasa pagi, begitu bangun dari tempat tidur teman sekamarku mengajak ke Ranu Kumbolo. Ohya, aku ceritakan dulu hal unik, lima puluh persen (50%) penghuni kosanku adalah anggota pecinta alam, tentu aja anak-anak Mahasiswa Pecinta Alam Jonggring Salaka UM. Jadi nggak heran kalau saat kegiatan kosan kami akan sepi melompomg dan begitu selesai bakalan banyak keril dan sepatu gunung kotor berserakan di depan. (Padahala kosan cewek loh :D )

Kembali ke topik bahasan, rekan sekamarku begitu bangun menanyakan kesediaanku untuk menemani dia mengantar teman SMA nya ke Kumbolo (Mungkin waktu tidur dapat wangsit atau telepati dari temannya). Tak banyak pikir, langsung ku jawab ok.

Wednesday, September 19, 2012

MERABA TEPIAN TANAH AIR INDONESIA

 
(Sebuah referensi)
Daya baca saya masih minim, dalam minggu ini saja buku yang saya ‘telan’ hanya cukup dua, dengan kategori bacaan favorit. Buku tersebut adalah MERABA INDONESIA dan TEPIAN TANAH AIR

Dua buku yang layak dan wajib dibaca untuk pecinta tanah air Indonesia. Keduanya mengingatkan kita bahwa Indonesian Archipelago is always lovely to explore. Kepulauan Indonesia ini sangat indah, dan mengagumkan untuk dijelajahi, kaya sekaligus ironis. Untuk melihat kenyataan dan menilik wajah asli penghuni Indonesia dari dekat membuat pembaca kedua buku ini terenyuh.

Jadilah kita wajib bangun dari mimpi-mimpi sinetron televisi. Tidak semua kehidupan berlangsung indah seperti kehidupan Pulau Jawa yang terwakili oleh kota besar macam Jakarta. Jangankan internet atau jaringan televisi, akses komunikasi, listrik, atau air bersih pun belum tentu mencapai 17.000 pulau Indonesia. Baik yang berpenghuni maupun yang jelas tak berpenghuni.

Saturday, July 28, 2012

MAJALAH GRATIS BUAT PETUALANG


Buat kamu-kamu yang hobi petualang, entah itu cuma traveling, menikmati keberagaman flora-fauna Indonesia, atau yang bener-bener penggila adventure musti cobain buat download majalah-majalah ini. Jangan mau ketinggalan informasi tentang tujuan-tujuan wisata favorit atau info-info yang dibutuhkan untuk bertualang.
Nggak usah khawatir, karena majalah-majalah yang saya referensikan ini gratis asal kamu bisa download aja. Saya akan mencoba mengkategorikan majalahnya dan selamat mencoba mengunduh :D

PETUALANGAN

JEJAK
Kayaknya sih dimulai tahun 2008. Majalah Jejak diterbitkan oleh Mapala UI (Universitas Indonesia). Didalamnya berisi kegiatan Mapala UI, naik gunung sampai arung jeram. Bahkan kadang ngambil sudut-sudut konservasi yang mengulas Universitas Indonesia sendiri. Suka sih, karena JEJAK sendiri yang pertama kali saya unduh sebelum mengenal majalah-majalah lain. Tapi sayangnya saya kesulitan menemukan link untuk majalahnya yang terbaru. (Atau mungkin udah berhenti). Buat temen-temen yang punya infonya, please share yah >_<
Ini salah satu link nya Majalah Jejak 22 juni 2009

 


Monday, July 9, 2012

5 cm : The Next Movie to Wait

 
Familiar dengan novel besutan Donny Dhirgantoro ini? Dulu di jaman masih SMA (sekitar tahun 2006-2008, lupa tepatnya) novel 5 cm lumayan (sangat) populer dikalangan temen-temen Sispala (terjemahan: sebutan untuk organisasi siswa pecinta alam), tentu saja saat itu saya baru “gandrung-gandrung” nya dengan gunung. Dan ketika 5 cm mengangkat cerita tentang persahabatan dan pendakian ke Semeru, jelas sebuah topik yang populer dikalangan anak SMA pecinta alam. So, 5 cm is one of the most readed novel used to..



Saturday, May 26, 2012

Malang Tempo Dulu: 2012

image

selamat menikmati

Malang Tempo Dulu adalah rangkaian Themathic Event MALANG KEMBALI VII yang digelar secara besar-besarandi Kota Malang dan biasanya masuk dalam rangkain HUT MALANG. Setiap tahunnya MTD (sebutan untuk Malang Tempo Dulu) digelar dengan menutup kawasan jalan Ijen dan menggelar berbagai pertunjukkan tradisional dan pagelaran dagangan yang menjual jajanan khas pada jaman dulu yang mungkin saja saat ini sudah tidak lagi ditemui.

Friday, May 25, 2012

HARI BUMI 2012 MALANG: KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI?

tanam trembesi
Tanam Pohon Trembesi bersama

Demo = kekerasan atau teriak-teriak di jalan? Udah nggak jaman, apalagi kalau sampai bikin macet seluruh Kota Malang.
Rasa peduli kita bisa di tunjukkan dengan cara lain. Kita bisa aja langsung tanam pohon tanpa bilang-bilang orang atau langsung bersih sampah tanpa orang lain harus ikut peduli. Tapi, lama-kelamaan kita akan lelah, bosan, bila orang lain semakin cuek. Karenanya kita butuh teman, kita nggak sendirian, kita senasib, berada pada perahu yang sama, kondisi yang mirip, bumi itu ya cuma itu, belum ada yang lain.

Wednesday, April 4, 2012

Malang Climbing Competition (MACCO) 2012


Untitled-1
Kompetisi panjat tebing regional Malang akan dilaksanakan pada Jumat-Minggu, 27-29 April 2012. MACCO atau Malang Climbing Competition memperebutkan juara satu, dua, tiga untuk semua kategori. Peserta boleh dari tingkat pelajar, mahasiswa, dan umum. MACCO juga dimeriahkan dengann acara musik pada 29 April 2012
Pendaftaran dibuka mulai tanggal 1 April hingga 26 April 2012 (Technical Meeting) di Sekretariat Mahasiswa Pecinta Alam Jonggring Salaka Universitas Negeri Malang.

Saturday, March 17, 2012

SHAMROCK: mirip, tapi bukan semanggi lho..


Tumbuhan dari marga Oxalis
ada yang bilang bahwa Shamrock itu adalah semanggi gunung, banyak istilah juga yang keliru (teman-teman dan adik tingkat saya di Biologi banyak juga yang keliru loh). Sebagai dasar teori, semanggi adalah tumbuhan dari jenis paku-pakuan (pteridophyta)

ZIGZAG :Free Download Magazine

zigzag
asik nih, majalah ZIGZAG (www.ZIGZAG.co.za) edisi April-Mei 2012 mengulas tentang pantai-pantai berombak Hawaii versus Indonesia. Dua negara archipelago dengan tempat yang berseberangan di belahan bumi (timur dan barat, walau sebenanrnya nyambung juga), punya ombak-ombak terdasyat yang bakalan menarik buat dicoba para pesurfer tingkat internasional.

Friday, March 16, 2012

Inspired by A Novel: two scientist

Aku akan menceritakan sebuah kisah
 
Tentang seorang ahli aritmatika, sebuah bidang ilmu pasti dan teoritis dengan berbagai macam permainan tentang aturan-aturan bilangan. Laki-laki itu sangat menggantungkan kehidupannya pada lingkungan yang mendukungnya, kendati bukan dari keluarga kaya atau terpandang. Sebuah keajaiban, salah sebuah takdir, membuatnya menjadi seorang ahli aritmatik terbaik di Benua Eropa. Maka seluruh hidupnya terpenuhi dengan sendirinya.

Dia tidak sekaya para tuan tanah feudal memang, tapi gelar-gelar ‘profesor’ aritmatik didapatnya langsung dari raja. Raja terkesan pada penggunaan teori matematikanya dalam memperhitungkan lintasan bintang, ilmu astronomi.

Sunday, February 5, 2012

UNGKAPAN BELASUNGKAWA

Saya selaku sesama pendaki gunung mengucapkan belasungkawa sebesar-besarnya terhadap korban meninggal akibat cuaca buruk di Pegunungan Hyang Argopuro.

Apapun yang terjadi, tidak ada yang bisa menyalahkan atau membenarkan keputusan kalian karena kalianlah yang tahu keadaannya.

Cikasur Pegunungan Hyang Argopuro
Sekilas pikiran (Pebruari 2012).

Kandungan Kafein dalam Makanan


“efek kafein digambarkan dengan grafik ‘U’ terbalik. Konsumsi kafein yang terlalu besar justru akan menurunkan efek kafein”
(Weinberg & Bealer, 2002:36)
Apa sebenarnya makna “sedikit kafein”?
Hal ini bergantung pada kepekaan setiap orang. Jika kepekaan anda terhadap kafein sama seperti kebanyakan orang, 240 ml kopi saring yang mengandung 200 mg kafein adalah dosis kecil atau sedang bagi anda. Apabila anda sangat sensitif terhadap kafein, 200 mg mungkin berlebihan bagi anda. Sulit untuk menentukan dosis kafein yang tepat untuk semua orang.

MAKNA SATU CANGKIR
 coffeecups


Biasanya satu cangkir kopi ukuran 180 ml mengandung 100 mg kafein, tapi hal tersebut hanya berlaku untuk kopi instan.

Mengapa Kopi Bikin Orang Kepengen Pipis?


Pernah nggak anda terlalu banyak mengkonsumsi kopi lalu kemudian langsung ingin buang ari kecil (pipis). Bahkan untuk orang dengan usia baya (usia pertengahan), minum sedikit kopi saja bisa langsung ingin buang air kecil.
coffee20bean20question20mark
ANALISISNYA :
Kopi adalah biji yang dihasilkan oleh tumbuhan (lebih terkenal adalah: Coffea robusta dan Coffea arabica). Di dalam kopi terkandung senyawa alkaloid yaitu caffeine (Indonesia:kafein).

Kopi : Macam Jenis Racikan Minuman


Teman-teman setia pe-“kerja” malam tentu kebanyakan setia juga dengan minuman kopi. Seiring perkembangannya dari pertama kali ditemukan pada 800 SM hingga tahun 2012 ini, orang-orang telah mengembangkan berbagai variasi racikan kopi sesuai dengan adat dan kebudayaan daerah masing-masing. Berikut adalah beberapa contoh minuman kopi yang sering dijumpai:

image
Beginilah kira-kira diagram jenis kopi dan sebutannya



KOPI: MENGENALI JENIS BIJI

ANTARA ARABICA DAN ROBUSTA

Sejarah awal penemuan kopi berasal dari benua Afrika, lebih tepatnya ethiopia. Diceritakan bahwa seorang penggembala terheran-heran bagaimana seekor domba gembalanya bisa tetap bugar, meskipun matahari sudah tenggelam. Setelah ditelusuri, ternyata ternak tersebut telah memakan sejenis buah beri yang saat ini lebih dikenal dengan sebutan kopi.
Kemudian kopi masuk ke kawasan timur tengah pada 1000 SM dibawa oleh saudagar arab dan tercatat pertama kali dibudidayakan. Kopi biasa menemani sholat malam para shufi, karenanya sebutan kopi sendiri berasal dari qahwah yang artinya kekuatan. Yaitu memberi kekuatan untuk begadang.
Nah, itulah tadi sejarah singkat dari kopi… sekarang mari kita bahas tanamannya. Secara umum kopi yang beredar di seluruh dunia ini berasal dari dua varietas. Yang pertama adalah jenis Arabica (Coffea arabica) dan Robusta (Coffea robusta). Apa sih bedanya?

Friday, January 13, 2012

PETA GUNUNG

semeru

setelah berhasil menerbitkan dengan sukses peta semeru untuk para pelancng yang ingin naik gunung namun butuh informasi yang benar, kini saya juga akan memberi rekan-rekan peta dari bakosurtanal yang bisa diunduh secara gratis.

contoh peta bisa dilihat pada gambar atas dengan perbesaran 40% masih tidak pecah

peta ini tidak menggunakan format UTM, hanya peta geografis berskala 1:25.000, namun lengkap dengan kontur. Berikut link download

1. SET PETA SEMERU

set peta ini terdiri dari dua peta yaitu sheet Pronojiwo dan sheet Ranupani

KLIK DI SINI

 

2. SET PETA ARJUNO

set peta ini terdiri dari empat peta yaitu terdiri dari peta sheet Bumiaji, Lawang, Trawas, dan Pandaan

KLIK DI SINI

selamat beraktifitas ………..

Sunday, January 8, 2012

FREE DOWNLOAD URBAN CLIMBER

uc

rekan-rekan yang menyukai petualangan terutama extreme sport untuk pemanjat (climber) saya sarankan membaca majalah ini. Memang majalah luar, selain tampilannya menarik, info-info di dalamnya juga cukup berguna.

Hadir dengan tampilan yang enak dibaca kalangan muda majalah URBAN CLIMBER

bisa di download DI SINI

Saturday, January 7, 2012

PETA SEMERU VIA RANUPANI

CHOOSE LANGUAGE
(ENGLISH / INDONESIA)

Jika anda ingin mengunjungi puncak gunung tertinggi dari pulau jawa namun masih kesulitan dengan informasi pemandu atau kesulitan lain dalam menemukan peta yang sesuai, saya kebetulan punya solusinya untuk membantu anda

hal pertama yang anda butuhkan adalah peta yang benar. Ini adalah peta keluaran BAKOSURTANAL (Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional) yang memiliki skala 1:25.000

padang savana Semeru















SEMERU MAP

 CHOOSE LANGUAGE
(ENGLISH / INDONESIA)

if you want to go to the highest mountain of Java, yet haven't met the right tour guide nor the right map information, Here I have some help you need
first thing you need to have a map. This is the right map from Bakosurtanal, which is like a national intitution for Indonesian mapping system.

Savanna of Semeru















Sunday, January 1, 2012

NATIONAL GEOGRAPHIC

Yang menyukai pengetahuan tentang alam, bumi, dan banyak hal pasti tahu dengan National Geographic (ituloh yang simbolnya segiempat kuning). Ini saya punya beberapa link buat yang mau majalah cetak tapi versi gratisan

download bisa diunduh di sini

VOLKSWAGEN



Volkswagen dalam bahasa Jerman bisa dartikan menjadi mobil rakyat. Perusahaan mobil yang bemarkas di Wolfsburg, Jerman. Perusahaan ini berdiri tahun 1930 oleh asosiasi otomotif Jerman. Volkswagen merupakan merk asli dari Volkswagen Group, yang juga membawahi beberapa merk mobil lain seperti Audi, Bentley Motors,Bugatti Automobiles, Automobili Lamborghini, SEAT, Škoda dan sebuah pabrikan kendaraan komersial Scania.(Wikipedia)


TAHUN BARU 2012

MENYAMBUT 2012

Ini adalah sepenggal kisah dari yang tertinggal pada tahun 2011 ini. Tak biasanya saya curhat, tapi biarlah, toh menyambut tahun baru 2012 ini memang harus berbeda. Hitung-hitung evaluasi.

tahun ini banyak kesalahan yang melaahirkaan keajaiban. Semua pengalaman "susah" dan aneh yang tak pantas disebut sebuah penyesalan namun sebagai saat yang layak dikenang, dan tahun ini aku menemukan banyak hal lebih berarti dan lebih nyata ketimbang harus tetap kaku selalu berada pada jalurnya.

UNDERWATERJOURNAL (Free Dive Magazine)

ini adalah salah satu situs yang menyediakan majalah elektronik gratis mengenai olahraga diving. UNDERWATERJOURNAL 


berikut adalah beberapa majalah gratis dari situs berikut bisa di download di sini