Tuesday, December 6, 2011

Salvinia



Salvinia adalah tanaman yang masuk ke dalam keluarga paku (bryophyte). Berkembang biak melalui dua fase yaitu gametofit dan sprorofit. Pada fase sporofit, Salvinia mengeluarkan spora yang sangat kecil sekecil serbuk.

foto Salvina yang ada di Ranupani, Kaki Gunung Semeru (dokumentasi pribadi)


Tanaman ini tumbuh mengapung di perairan air tawar. Hidupnya yang kosmopolit, dalam artian mudah hidup di segala kondisi, membuatnya cepat menggandakan populasinya. Dalam waktu dua minggu, sebuah spora bisa dengan cepat menjadi generasi gametofit baru. Generasi gametofit akan menghasilkan generassi sporofit yang menghasilkan spora dan seterusnya dengan daur hidup yang cepat.

Tumbuhan ini telah banyak menjadi wabah bagi sungai. Pasalnya Salvinia dapat dengan cepat menutupi perairan.  Ketika tanaman ini menutupi perairan makan hal tersebut akan mengancam keanekaragaman biota yang ada di bawahnya. Yang terukur pernah terkena serangan tanaman ini adalah Wilayah Sungai Sepik di Papua pada tahun 1982.

Dalam penelitian ditemukan predator alaminya yang berasal dari pedalaman Brazil (sama-sama di wilayah tropis), yaitu sebuah kumbang yang hanya memakan daun dari Salvinia. Kumbang tersebut bernama Cyrtobagus salvinie





No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, kritik dan saran anda sangat berarti. Saya tunggu ya komentarnya...