Wednesday, December 7, 2011

Penyu Hijau (Chelonia mydas)

Tahukah anda bahwa Penyu adalah hewan yang berbeda dengan kura-kura?

Perbedaan penyu dan kura-kura yang paling menonjol adalah bentuk anggota badan. Kura-kura memilki empat kaki yang digunakan untuk berjalan di daratan, sedangkan penyu memiliki modifikasi tangan dan kaki yang menyerupai sirip sehingga memudahkannya untuk berenang. Kepala kura-kura dapat masuk ke dalam cangkang, sedangkan pada penyu tidak bisa.




Penyu Hijau (Chelonia mydas)
Jika anda pernah melihat film animasi kartun berjudul "Sammy Adventure", anda tentu tahu tentang penyu hijau bersama penyu belimbing. Film ini mengisahkan tentang perjalanan seekor tukik (sebutan untuk anak penyu), mulai dari menetas dari telur hingga mengelilingi samudra.

Chelonia mydas adalah satwa yang tergolong langka. Semakin langka karena populasinya yang semakin menurun dan telah tergolong dalam spesies endangered menurut IUCN (International Union for Conservation Nature). Chelonia mydas memiliki lemak tubuh yang berwarna kehijauan yang membuat tubuhnya nampak berwarna hijau, selain pigmen pada cangkangnya yang juga kehijauan.

Penyu bukanlah ikan meskipun hewan ini hidup di perairan. Penyu tergolong ke dalam reptil dan bernafas dengan paru-paru. Bentuk cangkang yang mengerucut dan keempat anggota tubuhnya yang menyerupai sirip memudahkannya bermigrasi ke berbagai samudra. Bahkan penyu hijau tercatat sebagai penjelajah antar benua yang hebat, mampu mengunjungi wilayah-wilayah tropis, seperti Indonesia, Hawai, dan Brazil. Namun begitu, seperti sudah menjadi kebiasaan, penyu akan kembali ke tempat dia menetas.

Karenanya, bila habitat penyu terganggu, berupa gugus pantai dan hamparan hutan mangrove-nya, Penyu tidak akan berani untuk naik ke pantai dan bertelur. Semakin lama populasinya akan menurun. Belum lagi gangguan-gangguan dari manusia yang mengancam keberadaannya. Aktifitas perburuan daging penyu, jual beli cindera mata yang terdiri dari karapaks (cangkang penyu) atau menjual telurnya adalah hal-hal yang dapat membuatnya terancam punah.

Semua jenis penyu adalah satwa yang dilindungi menurut undang-undang. Berdasarkan Undang-undang no 5 tahun 1990, perdagangan satwa langka termasuk penyu dapat dikenai hukuman penjara maksimum lima tahun dan denda seratus juta rupiah.

sumber:
Profauna
Alamendah

 Lihat artikel
Burung Anggang (Rangkong) Endemik
Kode Etik Pecinta Alam
Perjalanan Anak Burung Maleo
Primata Unik Sang Penghuni Hutan Hujan Indonesia
Download Film Petualangan Gratis
Supervolcano
Sifat dan Golongan Darah
OWL (Alias Burung Hantu)
Tebing Unik Indonesia

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, kritik dan saran anda sangat berarti. Saya tunggu ya komentarnya...