Sunday, December 11, 2011

Liburan Gili Ketapang

Pulau Gili-Ketapang
 ini liburan pada 10-11 November lalu, di Pulau Gili-Ketapang. Gili-Ketapang terletak di lepas pantai Utara dan masuk dalam wilayah Kabupaten Probolinggo. Bahasa yang digunakan sehari-hari adalah Bahasa Madura karena memang mayoritas (80-90 persen) suku madura. Selain itu, Pulau ini padat sekali. dengan luas 68 ha, pulau ini dihuni oleh lebih dari 8000 jiwa. Untuk menyeberang dari pelabuhan lama Probolinggo hanya dibutuhkan biaya 4000 IDR (jangan ketipu, lebih baik lagi kalau kalian bisa bahasa madura atau bertampang lokal, bukan turis)
 

Rombongan

Awalnya kami diundang dalam acara bagi para penyelam untuk mengadakan transplantasi terumbu karang, bersih pantai, dan tanam pohon. Mereka sudah menghubungi dan katanya akan menyeberang pada hari Minggu, dan kita mendahului mereka untuk menyeberang ke Pulau Gili-Ketapang. Sabtu sore kami sampai dan (karena kebaikan istri Pak Mantri di sana) kami tinggal di rumahnya. Tak hanya menampung kami, mereka juga mentraktir kami makan, menunjukkan keramahan masyarakat Gili (karena biasanya masyarakat akan mengasingkan pendatang, namun sebenarnya baik).

Dan bagaimana nasib kami?
 sampai kami pulang, undanngan penyelam tersebut tidak menghubungi kami. (jadi berprasangka buruk sama penyelenggara, tapi tidak saya sebutkan siapa penyelenggara nya disini)

Akhirnya kami liburan.

Domba (seperti kucing berkeliaran)
Domba di sana ibarat kucing di Jawa. Domba berkeliaran (banyak yang imut-imut) dan makan hampir apa saja, kertas, daun, ranting, sisa makanan, mereka hanya menandainya dengan kalung. Tidak ada kekhuatiran akan pencuri, bahkan di Pulau ini tidak ada polisi. Sepeda motor jarang ada yang punya plat nomor kecuali sepeda motor plat merah milik para PNS.


Mayoritas adalah masyarakat nelayan


Tanah berpasir putih dan padat, pohon sulit tumbuh


Kapal yang sedang dibangun untuk berlayar

Pelabuhan di Pulau Gili-Ketapang


   
Sekali tangkapan bisa menghasilkan uang 80 juta (kalo musim bagus)



Teman yang bersnorkling

Untuk cerita lebih lanjut, tunggu ya...

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, kritik dan saran anda sangat berarti. Saya tunggu ya komentarnya...