Saturday, December 17, 2011

CINCIN API

Indonesia sering disebut sebagai negara dengan "bom waktu" yang siap meletus di bawahnya. Disebut-sebut sebagai negeri yang bertahta di atas kerajaan cincin api. Apa sebenarnya maksudnya?

 



Cincin api atau dalam bahasa inggris mendapat istilah "ring of fire", adalah julukan yang berkaitan dengan serangkaian gunung vulaknik aktif, yaitu serangkaian daerah yang memiliki gunung berapi dan sering terjadi gempa di Cekungan Samudra Pasifik yang mencakup wilayah seluas 40.000 km persegi.

Sabuk Alpide, merupakan sabuk gempa terhebat di dunia menurut versi US Geological Survey (USGS), membentang dari Jawa ke Sumatra, Himalaya, Mediterania hingga ke Atlantika. Jalur Cincin Api Pasifik meneyebabkan terdapatnya sekitar 400 gunung api di Indonesia, dengan 130 diantaranya merupakan gunung api dengan status aktif. 

Dengan banyknya gunung api tersebut membuat tanah Indonesia subur, kaya akan mineral berharga. Namun di balik semua itu, indonesia menyimpan bencana yang sewaktu waktu terjadi layaknya bom waktu. 







Sumber
http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Pacific_Ring_of_Fire.png
http://edukasi.kompasiana.com/2011/12/13/ekspedisi-cincin-api-sebuah-kado-edukasi-untuk-negeri/

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, kritik dan saran anda sangat berarti. Saya tunggu ya komentarnya...