Wednesday, December 14, 2011

Agar artikel tidak mudah di copy

Hak cipta
Dua kata yang bagi sebagian orang tidak atau kurang begitu penting. Informasi-informasi yang ditulis sendiri dari pengalaman, analisis, membaca, dan akhirnya ditulis dalam bentuk karya yang dipublikasikan dalaam blog biasanya dapat dengan mudah di copy orang lain dan dimuat di blognya.

Hal ini merupakan hal yang banyak terjadi, terutama para bloger yang ingin dengan mudah menaikkan trafick web nya (apalagi yang tanpa menyertakan backlink, nuwun sewu (minta izin), tidak mencantumkan sumber). Padahal sebenarnya tulisan-tulisan tersebut dapat dengan mudah dilacak keberadaannya dengan banyak cara

salah stunya coba kunjungi website copyscape.

karena itu untuk beberapa hari ini (mulai tanggal 15 sampai 18 Desember 2011), konten dalam blog Ayukpiyuk ini tidak dapat dicopy secara langsung.


APOLOGI:
bukan bermaksud sombong, munafik, atau sok. Hanya kepengen nyoba, nanti juga kembali bisa dicopy secara bebas kok. Kan cuma tiga hari. Lagipula mungkin cuma emosi sementara, soalnya kemarin baru dikerjain teman iseng yang ngopy langsung full satu konten web page ke blognya (curhat). Jadi kepengen nyoba, mumpung ada "hal baru".

karena itu saya akan berbagi hal (yang menurut saya) baru ini kepada anda


MEMBUAT HALAMAN TIDAK BISA DI KLIK KANAN
yang perlu anda lakukan hanyalah menyisipkan script pada rancangan tata letak anda. Caranya sebagai berikut:





  1. Login dulu ke akun blogspot anda. Kemudian masuk ke bagian pengaturan atau rancangan (kalau untuk saya, lebih mudah untuk melakukannya dalam mode blogger pengaturan lama)
tampilan dashboard blogspot

  • kemudian anda bisa masuk ke layout (tata letak) dan menampilkannya dalam bentuk html dulu (jangan lupa expand widget nya diaktifin dulu)
Tampilan HTML

  • Selanjutnya anda edit kode html tersebut. Cari pada kode (tertera pada gambar) kemudian masukkan script berikut ini setelah kode (untuk mencarinya gunakanlah ctrl+F, dan bagian bawah akan muncul kolom sperti pada gambar). Akan lebih mudah bila anda mengerti dasar-dasar html. (saya juga cuma tahu dasar nya kok)
Ubah Kode anda
 ini scriptnya:

onmousedown="return false" oncontextmenu="return false"  onselectstart="return false"   
  • jangan lupa simpan pengaturan anda. Dan jadi... web page anda tidak bisa di klik kanan untuk dicopy.
namun, hal ini ada kelemahannya. Bagi yang tahu cara mgobrak-abrik script juga langsung tahu (minimal yang pemula gak bisa lah). Fairplay aja ... yang jelas patut dicoba.

4 comments:

  1. sudah saya praktekkan di blog ini, dan sukses selama tiga hari (15 des 2011- 18 des 2011). Kok cuma tiga hari...?
    iya saya kembalikan lagi, soalnya nggak seru juga kalo blog tidak bisa di copast orang lain... Blog kan tempatnya sharing.. :)

    ReplyDelete
  2. tidak bisa dipraktekkan di wordpress.. atau belum tahu :(

    ReplyDelete
  3. makasih tipsnya...pengin nyoba nih..

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, kritik dan saran anda sangat berarti. Saya tunggu ya komentarnya...