Sunday, November 6, 2011

Supervolcano

Supervolcano adalah letusan dari gunung berapi dengan materi keluaran yang dihasilkan lebih dari 1000 kilometer kubik.Supervolcano dapat terjadi ketika magma di Bumi naik ke kerak tetapi tidak mampu melewati kerak. Meningkatnya tekanan membuat kerak tidak dapat menahan tekanan. Supervolcano juga dapat membentuk batas lempeng konvergen. Istilah supervolcano relatif baru bagi ilmu pengetahuan.

tahukah kamu bahwa Indonesia memiliki setidaknya dua supervolcano?

tercatat dalam sejarah ada dua supervolcano di Indonesia. Tentu tidak mengherankan terlebih lagi Indonesia berada dalam rentetan cincin api (ring of fire). Dua supervolcano tersebut adalah Danau Toba dan Tambora.

Danau Toba
Berada di Sumatra Utara, danau toba merupakan objek pariwisata terkenal di Indonesia.Sebuah penelitian menyebutkan bahwa danau toba sebelumnya adalah sebuah kaldera besar karena di sekitarnya ditemukan banyak batu apung yang merupakan ciri khas dari sebuah bekas gunung api. penelitian lain menyebutkan bahwa  kaldera danau toba tercipta dari tiga letusan besar yang membuatnya jadi seluas danau. Selain itu materi bebatuannya tercatat terlempar hingga ke Malaysia dan India.



Tambora
pada tahun 1815 Tambora meletus menewaskan ribuan orang hingga kedasyatan letusannya mampu merubah iklim dunia. Skala letusanya dalam angka Volcanic Explosivity Index (VEI) berada pada skala 7. Bahkan di eropa, dampak akibat letusan Tambora adalah terhalangnya sinar matahari sehingga menyebabkan musim dingin berkepanjangan. masyarakat eropa menyebutnya "a year without summer". Bencana dingin tersebut menewaskan hampir 5000 orang di Eropa saja.


Lihat artikel
Tempat Terbasah di Dunia
Wijen
Burung Anggang (Rangkong) Endemik
Kode Etik Pecinta Alam
Komodo Keajaiban Dunia
Casiope
Arti dan Makna Tato Suku Dayak
Tebing Unik Indonesia
Water Plant
Sifat dan Golongan Darah
OWL (Alias Burung Hantu)
Bagaimana Jika Terjadi Petir
Kopi Part III
Outbound
Kopi (part 2)
Kopi
Katak juga Makhluk Hidup
Mengapa Edelweis istimewa
Perjalanan Anak Burung Maleo
Primata Unik Sang Penghuni Hutan Hujan Indonesia
Gen Penyebab Kantuk di Siang Hari


Kembali ke
CREATIVE JOURNEY
DO WE KNOW
GADGET AND GEAR
ONLY MIND
FREE DOWNLOAD
GUNUNG HUTAN

Halaman lain
WEB LINK
DODOLAN
HOME






No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, kritik dan saran anda sangat berarti. Saya tunggu ya komentarnya...