Friday, November 11, 2011

NIKAH ADAT JAWA TIMUR

ini cerita waktu pulang kampung, ceritanya temanku sepermainan waktu kecil dulu nikah pada hari ini (11 November 2011/11-11-11). Katanya juga hari ini tanggalnya bagus buat dicatat di KUA mungkin bisa kasih hoki.



Adat Jawa agak ribet buat nikahan, tapi seru juga. Maklum, saya bukan besar di keluarga dengan adat kejawen yang kental. Ada dukun hujannya buat menangkis hujan di musim hujan, tapi bobol, hujan juga. Ada juga 'orang tua' yang akan mengarahkan jalannya pernikahan. Ada acara lempar sirih, cucik kaki suami, muter-muter kendi, minum air dari kendi (yang katanya temenku, orangnya gokil agak an, rasanya kayah tanah). Itulah tradisi yang harus saya kenali dan hargai sebagai anak muda, biar nggak jadi kacang yang lupa kulit aslinya.


videonya bisa dilihat di sini

Salah satu yang seru tuh cerita soal melati. Katanya melati dari manten tuh bikin 'ketularan cepet nikah'. Waktu dibilangin gitu, jadi takut mau ambil bunga melatinya. Maksudnya bunganya kan emang udah gak kepake, biasanya buang buat hiasan kepala emang dikasihin ke gadis-gadis temen mempelai wanita yang belum nikah biar cepet ikutan nikah.

percaya-gak-percaya, lucu juga buat seru-seruan...















ps: selamat nikah April and Bayu... moga-moga langgeng :)



Lihat Artikel
Pohon Pentup Jalan
Kota Malang
Touring Part II
Delapan Hari Jawa Timur
Perjalanan Mencari Ilmu Pelatihan Jurnalistik Lingkungan
JSCC II (Jonggring Salaka Climbing Competition)
Pembagian Bibit Tanaman Mahasiswa
Sempu
Earth Hour

Kembali ke
CREATIVE JOURNEY
DO WE KNOW
GADGET AND GEAR
ONLY MIND
FREE DOWNLOAD
GUNUNG HUTAN

Halaman lain
WEB LINK
DODOLAN
HOME

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, kritik dan saran anda sangat berarti. Saya tunggu ya komentarnya...