Wednesday, November 9, 2011

KOTA MALANG

Motto "MALANG KUCECWARA" berarti Tuhan menghancurkan yang bathil, menegakkan yang benar
Karena saat ini saya sedang belajar di Kota Malang di slah satu universitasnya, maka kali ini saya akan membehas KOTA MALANG.

Malang adalah Kota terbesar nomor dua di Jawa Timur setelah Surabaya. Kota Malang dikelilingi oleh banyak pegunungan antara lain Semeru, Arjuno-Welirang, Kawi-Botak. Selain sebagai salah satu basis milliter di Jawa Timur, Malang juga terkenal sebagai kota pelajar karena banyaknya pendatang yang bermukim di Malang untuk belajar di sekolah maupun universitasnya. Dengan ketinggian diatas 400 mdpl, Malang memiliki cuaca yang sejuk sehingga kondusif sebagai kota pelajar.


Selain belajar hidup di Malang, sebagai anak kosn kita harus banyak kreatif untuk menerapkan teknik survival kota tingkat lanjut. Kalau hanya menghemat duit dan makan sedikit itu biasa, tapi bagaimana caranya kita bisa tetap makan, tetap main, tetap ketemu temen, bisa belajar dengan asik, dan terutama bisa pulang kampung dengan selamat.
Salah satu caranya adalah MEMBAUR.... (Act Like The Native)

berikut adalah tip-trik membaur di Kota Malang
1. rubah logat
tentu saja awalnya kesulitan untuk merubah logat yang separuh Jogja an separuh Jawa Timuran ini (aksen "o", "to", dan "po") ke logat Malang yang lebih kental dengan aksen "a" dan "ta". Tapi beberapa saat tinggal di wilayah Malang, pasti bisa sedikit-demi-sedikit menyesuaikan. Apalagi penduduk Malang ramah, walau terkesan ceplas-ceplos tapi baik, asal kita juga baik.

2. AREMA itu di mana-mana

Klub sepakbola dengan ikon Singa itu adalah salah satu klub di Indonesia dengan suporter besar yaitu Aremania. Arema adalah kebanggan kota Malang.
Malang sendiri sebenarnya memiliki dua klub sepak bola yang terkenal yaitu AREMA untuk Kota Malang dan PERSEMA untuk Kabupaten Malang.
 Hebatnya suporter Aremania ini memiliki divisi  dan kordiv (kordinator divisi) sendiri. Ada juga yang mengepalai divisi di dunia maya.
Sering jug para suporter Arema ini berkonvoi dalam pasukan biru di dalam kota ketika ada pertandingan, perayaan kemenangan, dan HUT Arema.
boneka singa besar ikon Arema












 3. Bahasa Perdagangan 
Ini juga salah satu keunikan di Malang dan mungkin banyak kota besar lain. Suku Madura yang terkenal sebagai suku perantau di anata suku-suku di Jawa (apalagi dengan aksen mereka yang keras) memang dapat dengan mudah ditemui dimana saja. Pedagang-pedagang pasar di sini juga banyak sekali orang madura sehingga bagi yang bisa sedikit-sedikit bahasa madura akan sangat membantu apalagi dalam hal tawar-menawar di pasar (tradisional, bukan pasar modern).
 
4. membalik kata
Membalik kata menjadi keunikan lain di kota Malang. Seperti Kopi = ipok, Malang = Ngalam, Arek =kera, pulang = ngalup, dst. Berguna juga untuk seru-seruan bahasa pergaulan anak muda malang.

5. punya komunitas
 Punya komunitas tak hanya dapat memberi anda banyak informasi namun juga sangat membantu ketika anda kelaparan (ini serius). Selain itu komunitas juga membuka pikiran anda tentang banyak hal. Asal bisa memilih komunitas yang sesuai untuk anda dan hati-hati jangan sampai terjerumus.

6. tahu peta
Ini dia salah satu yang penting, tersesat di hutan biasa lah.. kalau tersesat di kota selain pakai "kompas mulut" alias bertanya, sebaiknya untuk jaga-jaga anda juga tahu peta wilayah Malang.

berikut beberapa peta Kabupaten dan Kota Malang






Selamat mengunjungi kota malang...  

Lihat Artikel
Pohon Pentup Jalan
Nikah Adat Jawa Timur
Touring Part II
Delapan Hari Jawa Timur
Perjalanan Mencari Ilmu Pelatihan Jurnalistik Lingkungan
JSCC II (Jonggring Salaka Climbing Competition)
Pembagian Bibit Tanaman Mahasiswa
Sempu
Earth Hour

Kembali ke
CREATIVE JOURNEY
DO WE KNOW
GADGET AND GEAR
ONLY MIND
FREE DOWNLOAD
GUNUNG HUTAN

Halaman lain
WEB LINK
DODOLAN
HOME


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, kritik dan saran anda sangat berarti. Saya tunggu ya komentarnya...