Saturday, November 12, 2011

Klub Olahraga Alam Bebas

Ada beberapa Klub bagi para penggiat olahraga alam bebas yang dapat dikunjungi untuk membuka wawasan, menambah teman, dan berbagi ilmu. Berikut adalah klub-klub dan organisasi beserta penjelasannya.
1. Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI)
2. Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) 
3. Asosiasi Rope Acces Indonesia (ARAI)
4. SKYGERS
5. Banyuwong Rafting

6.Indonesian Climber's Camp
7. Arus Liar adventures
8.Subterra Indonesia
9.PADI Scuba School International



1. Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI)
Indonesian white water federation
VISI
Terwujudnya kegiatan arung jeram di Indonesia sebagai wahana pengembangan olah raga prestasi, petualangan, pariwisata dan konservasi dengan semangat persaudaraan.

MISI
  1. Mengkoordinasi dan membina seluruh kegiatan yang berkaitan dengan arung jeram.
  2. Membina kegiatan arung jeram sebagai sarana kegiatan olah raga dan ilmiah di Indonesia dengan memperhatikan nilai-nilai budaya, kemanusiaan dan kelestarian fungsi lingkungan hidup.
  3. Mengumpulkan serta menyebarkan informasi kegiatan arung jeram yang aman dalam rangka mengembangkan, memanfaatkan dan meningkatkan prestasi olahraga serta menguasai pengetahuan dan teknologi yang menunjang kegiatan arung jeram.
  4. Memanfaatkan daerah aliran sungai dan sekitarnya sebagai tempat melakukan kegiatan arung jeram yang berwawasan lingkungan.
  5. Membina prestasi dalam kegiatan arung jeram di Indonesia.
  6. Mendorong usaha bidang pariwisata arung jeram, termasuk mempersiapkan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.
  7. Memupuk dan membina persahabatan dan persaudaraan antar bangsa melalui olahraga arung jeram.
2. Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) 
 Didirikan pada 21 April 1988 di Jakarta, FPTI berada di dalam naungan KONI.

3. Asosiasi Rope Acces Indonesia (ARAI)
Asosiasi Rope Access Indonesia (ARAI) adalah kumpulan instruktur dan teknisi kerja di ketinggian yang menggunakan teknik access tali (rope access) untuk saling berinteraksi dan berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam rangka meningkatkan kompetensi dan mengurangi kecelakaan di di ketinggian agar aktifitas di ketinggian menjadi lebih produktif.
ARAI bersifat terbuka, indenpenden dan nirlaba. ARAI menjalankan semua aktifitas untuk manfaat semua orang.
Website ini untuk pertama menyajikan berita, foto, regulasi, dan kalender kegiatan yang berkaitan dengan kerja di ketinggian. Seiring waktu berjalan web ini akan terus dikembangkan dengan materi teknis rope access dan data statistik yang dapat dimanfaatkan dan digunakan dalam kegiatan kerja di ketinggian.

4. SKYGERS
Skygers adalah kumpulan orang yang terus muda yang peduli dan aktif berkegiatan di sekitar medan terjal (tebing, air terjun, kerja pada ketinggian).

Siapa aja boleh terlibat menjadi bagian dalam mengisi dan mengembangkan Skygers, laki-perempuan, muda-tua. Dengan kontribusi yang beragam: aktif memanjat, bikin jalur pemanjatan, jaring vertical rescuer, instruktur kerja di ketinggian, nulis kegiatan, riset atau lainnya.

Skygers juga telah beberapa kali membuka sekolah bagi olah raga panjat tebing.

5. Banyuwong Rafting
salah satu operator rafting yang ada di tepi Sungai Serayu, Jawa Tengah.

6.Indonesian Climber's Camp
 Anda bisa berdiskusi di forum ini, untuk sekedar membuat rencana pendakian atau berdiskusi seputar topik-topik terhangat di dunia pendakian gunung.

Bermula dari persamaan hoby kami fotografi dan menulis, terutama tentang pendakian gunung atau kegiatan di alam terbuka lainnnya yang ternyata semakin lama pengarsipannya tidak karuan, ditambah dengan makin seringnya aktivitas keluyuran yang kami jalani baik secara pribadi maupun tim, maka muncullah ide untuk mengumpulkan foto dan tulisan tersebut dalam sebuah media.
Akhirnya website menjadi pilihan kami dan nama pendakigunung.org sebagai identitas website ini. Website ini adalah pangkalan virtual bagi para pendaki gunung, penggemar kegiatan di alam terbuka, atau penggemar fotografi wildlife untuk berbagi ilmu, pengetahuan atau sekedar berbincang-bincang tukar pengalaman dan kenalan. Siapapun boleh ikut bergabung dan menikmati sajian kami di pendakigunung.org yang akan terus kami update seiring dengan kegiatan yang kami lakukan dan artikel-artikel sumbangan dari para pendaki gunung.


7. Arus Liar adventures
Dengan moto "Safety is Us", merupakan sebuah operator wisatawan rafting sungai Citarik.

8.Subterra Indonesia
Subterra Indonesia merupakan komunitas Indonesia Pemerhati Caving, Karst, dan Speleologi

Kata speleology diambil dari bahasa yunani yaitu spelaion= gua, dan logos= ilmu. Menurut catatan, John Beaumont, seorang ahli bedah dari Somerset, Inggris, yang juga dikenal sebagai ahli pertambangan dan geologi amatir, sebagai orang yang pertama menuruni sumuran (potholing) pada tahun 1674. Dia menuruni sumuran sedalam 20 meter dan emnemukan ruangan sepanjang 20 meter, lebar 3 meter dan ketinggian plafon 10 meter, dengan menggunakan penerangan lilin. Menurut catatan Beaumont merangkak sejauh 100 meter dan enemukan jurang (internal pitch). Ia mengikat pada tali di tubuhnya dan minta diulur sedalam 25 meter dan mengukur ruangan dalam gua tersebut. Ia melaporkan penemuan ini ke Royal Society, lembaga pengetahuan Inggris

9.PADI Scuba School International
Pengen belajar menyelam dan mendapatkan license diving ?  Kunjungi website ini


 

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, kritik dan saran anda sangat berarti. Saya tunggu ya komentarnya...