Saturday, November 12, 2011

GPS (Global Positioning System)

Bagi yang menghobi exploring rimba, gunung, goa, sungai pasti membutuhkan alat ini. GPS atau Global Possitioning System adalah alat navigasi modern yang merupakan sistem untuk menentukan posisi di permukaan bumi dengan bantuan sinkronisasi sinyal satelit. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan, dan digunakan untuk menentukan posisi, kecepatan, arah, dan waktu.
contoh beberapa GPS

Akurasi GPS adalah tingkat kesalahan penentuan posisi yang dihasilkan oleh GPS. Hal tersebut lebih dikarenakan ketersediaan sinyal yang ditangkap oleh GPS. Tingkat akurasi ditunjukkan melalui angka. Misalkan angka '5' pada GPS untuk tingkat akurasi, artinya GPS tersebut memiliki radius penentuan posisi seluas 5 meter. Maka angka kesalahannya berdiameter 5 meter. Semakin kecil angka tingkat akurasi, maka ketepatan penentuan posisi oleh GPS semakin akurat.

Berikut adalah Link-link yang dapat diakses untuk infomasi mengenai sistem navigasi dan peralatan GPS. Dan bila anda berminat terdapat link download khusus untuk peta Indonesia.

- Gunung Intan

- Garmin  
- Toko online OTOMASI STORE

DOWNLOAD GRATIS
- peta RBI (Rupa Bumi Indonesia) Padang dan sekitarnya
- indeks peta rupa bumi seluruh indonesia dari Bakosurtanal 
- Peta mudik 2011





Artikel lain
Materi PDF Tentang Goa
Download PDF Pemetaan Goa
Download Film Petualangan Gratis
Download Majalah Lingkungan


Kembali ke
CREATIVE JOURNEY
DO WE KNOW
GADGET AND GEAR
ONLY MIND
FREE DOWNLOAD
GUNUNG HUTAN

Halaman lain
WEB LINK
DODOLAN
HOME

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, kritik dan saran anda sangat berarti. Saya tunggu ya komentarnya...