Wednesday, November 30, 2011

Buah Hutan



Ada beberapa buah arbei hutan yang bisa kita temui di jalur-jalur track gunung Jawa Timur. Antara lain:


1.       Kecalingan (Arbei Hutan)
Rubus fraxiniforus atau kecalingan, adapula yang menamakannya beberetan. Mirip arbei (atau di daerah Malang kita menyebutnya Besaran) yang tumbuh liar di hutan. Tumbuh dengan baik di daerah 1500-2600 mdpl, menyukai daerah terbuka.
Bentuk bunganya menyerupai mawar dan buahnya berwarna merah-kehitama dengan rasa mirip strawberry. Biasanya musim buahnya di Indonesia adalah bulan Juni-September. Tumbuhannya berduri dan berupa perdu dengan batang herba (hijau-berair -tidak mengayu). Meskipun biasa berbuah di bulan JUni-September, nyatanya kemaren pada November 2011 saya menemukan buah ini dalam keadaan melimpah di Ranu Kumbolo.

Kecalingan (Rubus fraxiniforus)




2.       Berry
Fragaria vesca yang masih satu suku dengan tumbuhan Rosaceae, yaitu berkerabat dengan mawar. Tumbuhan ini jarang dibudidayakan, batang herba, daun besar (hampir menjari), dan berbulu (trikhoma). Bunga berwarna kuning dan buah berwarna merah-orange hingga merah tua. Tumbuh liar di daerah hingga ketinggian 3000 mdpl, menyukai daerah terbuka dan tanah lembab. Bunga dijumpai pada bulan Mei dan musim berbuahnya dari bulan Juli-September. Coba anda lihat di sekililing Kalimati atau hutan Cemoro Kandang bila anda berkunjung ke Semeru, buahnya melimpah di sana pada bulan-bulan tertentu.
ada buku bagus kalau anda ingin memmbaca tentang buah-buahan hutan yang dapat dikonsumsi. silahkan baca buku terbitan Collins Gem berjudul Food For Free. Collins Gem adalah penerbit yang telah banyak menerbitkan buku-buku bertemakan survival, mulai dari navigasi darat hingga situasi darurat bencana.

Berry (Fragaria vesca)



 Lihat artikel
Burung Anggang (Rangkong) Endemik
Kode Etik Pecinta Alam
Perjalanan Anak Burung Maleo
Primata Unik Sang Penghuni Hutan Hujan Indonesia
Gen Penyebab Kantuk di Siang Hari

Kembali ke
CREATIVE JOURNEY
DO WE KNOW
GADGET AND GEAR
ONLY MIND
FREE DOWNLOAD
GUNUNG HUTAN

Halaman lain
WEB

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, kritik dan saran anda sangat berarti. Saya tunggu ya komentarnya...