Wednesday, November 30, 2011

Argopuro



Taman Hidup Argopuro
Argopuro adalah gunung dengan ketinggian 3088 mdpl (meter diatas permukaan laut) yang terletak di empat kabupaten antara lain Probolinggo, SItubondo, Bondowoso, dan Jember. Rute pendakian normal umumnya melewati Desa Bremi (probolinggo) atau Desa Baderan.


Hutan Damar Gunung Gendeng, Aargopuro via Bremi

Seperti umumnya gunung-gunung di Jawa Timur yang bukan merupakan jenis gunung soliter, Argopuro juga menwarkan track yang panjang, bahkan terpanjang se Jawa. Waktu normal untuk menempuh track adalah lima hari. Saya sarankan untuk lintas jalur (misalkan berangkat dari Bremi kemudian pulang lewat Baderan, atau sebaliknya).
Camp Taman Hidup Argopuro dengan Flysheet
Air bisa dikatakan melimpah karena Argopuro juga terkenal sebagai surga air. Air bisa ditemui ahmpir berdampingan dengan pos pendakian (shelter). Misalkan dari arah Bremi sumber air ada di Taman Hidup, sungai musiman di bawah Taman Kering, Aengkenek, Cisentor, Rawa Embik, Cikasur, dan sumber air arah ke Baderan. Jangan mengandalkan shelter pendakian saat mendaki, sebaiknya bawa tenda atau minimal flysheet, karena banyar,  pos yang rusak.

Suhu paling dingin berada di Cikasur yang merupakan savanna luas yang memiliki pola-pola garis. Rupanya pola-pola tersebut sudah ada sejak sebelum jaman pendudukan Jepang. Cikasur dulu merupakan bekas bandara udara.
Padang Savanna Cikasur



Yang perlu diwapadai adalah beberapa tanaman yangbisa menyakitkan bila bersentuhan dengan kulit. Jangann bilang pernah ke Argopuro bila belum terkena sengat tanaman ini. Para pendaki biasa menyebutnya Jancukan (maaf ), karena tiap kali terkena sengat tanaman tersebut pasti akan berkata kotor.

mencari signyal GPS dalam vegetasi lebat hutan Argopuro

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, kritik dan saran anda sangat berarti. Saya tunggu ya komentarnya...