Tuesday, October 25, 2011

SIFAT DAN GOLONGAN DARAH


SIFAT DAN GOLONGAN DARA

beberapa waktu lalu saya membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa ternyata golongan darah seseorang bisa mempengaruhi perilaku mereka. Kemudian saya memperhatikan orang di sekitar saya, dan kebetulan orang yang dekat dengan saya memiliki golongan darah B.

artikel berikut berdasarkan sebuah buku bacaan "membesarkan anak berdasarkan golongan darah". buku tersebut telah melalui penelitian yang dilakukan oleh seorang kepala sekolah TK di Jepaang terhadapa murid-murid TK nya. murid-murid TK dalam usia 3-5 tahun adalah yang paling cocok sebagai objek amatan. Karena pada umur itu mereka telah dapat menunjukkan ekspresi dimana ekspresi dari sifat bawaan mereka belum terlalu banyak mendapatkan pengaruh.

Pada awalnya sang kepala sekolah heran terhadap perbedaan sifat yang mencolok pada bersaudara laki-laki muridnya. Setelah diselidiki ternyata kembar tidak identik tersebut bergolongan darah berbeda, yang satu A dan satunya B. Kemudian dilakukan penelitian terhadap seluruh murid TK nya dengan perlakuan pembedaan kelas berdasarkan golongan darah. (teruskan....)
Hal tersebut bertujuan untuk mencari kesamaan sifat antara sesama golongan darah mulai dari kebiasaan makan, temperamen, warna yang disukai, perubahan mood, hingga pola pembelajaran yang tepat bagi mereka.



 berikut salah satu yang saya kutip...

TEMPERAMEN LUAR DAN DALAM ORANG DENGAN GOLONGAN DARAH B

YANG TERLIHAT DI PERMUKAAN
YANG DALAM WAKTU BERSAMAAN BERCAMPUR ATAU TERBAWA
-          Berhati hangat, penuh emosi
-          Suka sendiri
-          Pemalu, jarang bersosialisasi
-          Temperamental
-          Berminat dalam banyak hal
-          Tidak berhati-hati, ceroboh
-          Cepat memutuskan tindakan yang baru
-          pertimbangan praktis dimana emosi tidak disertakan
-          dengan teman sifatnya renggang, bias, membuatnya seakan tidak masuk dalam grup tertentu
-          bersifat terbuka, mudah percaya pada orang lain
-          tidak mudah terbawa emosi, berpikir dingin
-          gampang curiga pada sesuatu
-          perhitungan
-          tindakan tidak dilakukan dengan bulat hati, mempertahankan kondisi sekarang

Arah hubungan dengan golongan darah O
Bagi orang dengan golongan darah B yang suasana hatinya naik-turun, mereka akan sangat  berterimakasih untuk pujian sehingga tidak merasa terpuruk. Orang bergolongan darah O yang pandai menangkap poin-poin, bisa menyesuaikan kenyataan dengan poin-poin penting tersebut. Mereka bisa menjadi seorang yang ahli dalam memberikan pujian.
Sebagai orang tua
Ibu atau ayah bergolongan darah B memberikan kebebasan kepada anak dan tidak ikut campur dalam hal-hal prinsip, namun tentu saja pada tingkat yang berbeda-beda. Orangtua bergolongan darah B memberikan suatu kecenderungan mudah tenggelam dalam apa yang dikerjakannya.
Karena pola pengasuhan yang bebas, terkadang anak akan tidak tahu kapan harus mengerjakan ini-itu secara akal sehat. Mungkin dalam pertumbuhannya akan banyak menimbulkan prasangka curiga pada anak. Walaupun pengasuhannya santai, anak tetap harus diberitahukan secara cukup.
Meskipun memiliki ideology dalam filosofi dan sikap hidup (mungkin mengenai etika, cara belajar), namun akan teliti pada satu hal hingga mau tidak mau akan memaksa anak untuk masuk dalam hal tersebut.
“golongan darah B memiliki talenta untuk bisa bermain dalam lingkaran yang sama dengan anak-anak”

foto disadur dari uhaweb.hartford.edu




pustaka: "membesarkan anak berdasarkan golongan darah"

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, kritik dan saran anda sangat berarti. Saya tunggu ya komentarnya...