Saturday, August 13, 2011

OWL (alias burung hantu)


BURUNG HANTU  (BUKAN HANTU)

Masyarakat meyakini bahwa sebagian besar burung ini ‘pembawa’ kesialan, berhubungan dengan mistis dan alam gaib. Burung unik penguasa kehidupan malam ini memiliki banyak kisah ‘internasional’ mengenai kegaibannya.
Antara lain kisah yang menarik adalah yang beredar di bangsa Indian, burung hantu dianggap sebagai penolong dan perlambang kebijaksanaan. Bangsa Yunani, juga meyakini bahwa burung ini adalah pelindung pasukan yang bertempur. Inggris menganggap burung hantu dapat membawa keberuntungan (juga terkait dengan sejarah anglikan bangsa Inggris mengenai para penyihir).
Burung Hantu dan mitosnya dikarenakan terkait dengan sifatnya yang nocturnal (berkegiatan di malam hari). Burung predator ini cukup unik diantara kelas aves lain. Dua mata yang tidak berada di bagian samping kepala, melainkan di bagian muka membuatnya harus memodifikasi leher untuk lebih dapat melihat lingkungan sekitar. Sendi leher yang lentur membuat kepalanya dapat berputar hampir 360 derajat ke samping dan berputar dari atas hingga belakang. Kehidupan nocturnal membuat penglihatannya menajam. Hal tersebut ditunjang oleh pupil mata membesar yang membuatnya memiliki penampilan seperti ‘melotot’.
Klasifikasi ilmiah:
kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
class: Aves
Ordo: Strigiformes
Family: Strigidae


Berikut ini disajikan beberapa contoh morfologi burung hantu:
Otus siaoensis




Otus alfredi

















No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, kritik dan saran anda sangat berarti. Saya tunggu ya komentarnya...