Wednesday, August 3, 2011

OUTBOUND

 (salah satu soft game yyang dimainkan alam bebas... dokumentasi pribadi dari MPA Jonggring Salaka)

(Perlengkapan game HIGHRISK yang harus dipakai)
SPIRIT INSIDE, ADVENTURE OUTSIDE…

Kegiatan outdoor training yang sejauh ini popular disebut sebagai kegiatan outbound kni menjadi sebuah metode pembelajaran yang dicari. Sebagai salah satu alternative proses pembelajaran berbasis praktek dan pengalaman dari alam terbuka.
Sejauh ini, berbagai lembaga pendidikan formal maupun informal mulai melirik metode outclass learning sebagai bagian dari kegiatan sekolah, yang bahkan perusahaan-perusahaan besar kini memanfaatkan metode outbound demi kepentingan untuk meningkatkan kualitas personalianya.
Bukan hanya itu, outbound juga dapat menjadi solusi cerdas bagi komunitas-komunitas tertentu untuk dijadikan sebagai ajang rekreasi yang menarik serta bermuatan pembelajaran (self learning) yang tinggi.
Outbound training ini akan banyak mempergunakan alam bebas sebagai media. Para peserta akan bisa mempelajari semua materi dari kegiatan atau permainan yang akan diadakan di alam terbuka. Program-program dalam Outdoor Training biasanya akan menggunakan komposisi belajar 70% di alam terbuka dan 30% diskusi kelompok sebagai penunjang setiap kegiatan. Setiap aktifitas outdoor ini memerlukan stamina, perhatian, konsentrasi.
Metode pembelajaran EXPERIENTAL LEARNING dapat memungkinkan peserta untuk mengevaluasi tindakan, selanjutnya menentukan tujuan yang akan dicapai dengan memprediksi kemungkinan yang akan terjadi. Tiap individu akan dihadapkan dengan keadaan yang nantinya dapat diimplementasikan di dalam kehidupan sehari-hari, dan juga membuat pemahaman terhadap suatu permasalahan akan semakin tinggi sehingga implementasinya juga semakin mudah.



Dalam Outbound sering terdapat berbagai macam permainan. Bisa dikategorikan menjadi dua macam, Highrisk dan softgame. Highrisk adalah permainan-permainan yang memiliki cukup resiko bagi para pesertanya. Berhubungan dengan ketinggian dan menantang adrenalin. Sedangkan softgame lebih berhubungan dengan permainan-permainan yang mengembangkan softskill peserta.

HIGHRISK
Permainan dengan tingkat safety yang ekstra diperhatikan. Dimana para peserta harus memakai alat-alat pengamann seperti kaos tangan, helm, seperangkat tali (webbing, kernmantel, prusik, dan logam-logam pengaman seperti carabiner, pulley, dan figure), harnest, dan jika diperlukan menggunakan pelampung. Highrisk menanamkan keberanian, logika, dan kepercayaan diri.
  • 1.       Flyingfox
  • 2.       Scrambling Rope

SOFTGAME
Contoh-contoh permainan dalam softgame
  • 1.       Leaking Pipe
Softgame memiliki banyak penamaan bagi tiap penggunanya. Ada yang menamakan permainan ini adalah ‘pipa bocor’. Tujuan permainan ini adalah bagaimana caranya peserta dapat mengambil tiga buah bola dari dasar pipa tanpa menggunakan tangan.
Breaf dari permainan ini adalah pipa atau pipe yang diibaratkan dengan sebuah lembaga dimana semua orang terlibat untuk men-suport kinerja lembaga tersebut. Semua orang berperan dan apabila salah satu bagian tidak berfungsi maka lembaga akan mengalami ‘kebocoran’ sehingga tidak dapat memperoleh target.
  • 2.       Trust Fall
Trustfall mengajarkan kepercayaan. Seseorang akan jatuh dari ketinggian dan ditangkap oleh teman-teman satu timnya. Seringkali terdapat keraguan untuk jatuh namun teman satu timlah yang harus meyakinkan untuk ‘kami akan menangkapmu’.
Hal yang paling diperhatikan disini adalah posisi jatuh dan cara menangkap agar permainan ini aman untuk dimainkan. Tim bisa menggunakan jaring atau tangan yang saling terkait dan berbaris berderet untuk menangkap orang yang jatuh.
  • 3.       Tower Gain
Permainan yang membutuhkan kerjasama tim. Permainan akan dianggap berhasil apabila bisa memperoleh sebuah benda yang menggantung di ketinggian (antara 3-4 meter) tanpa menggunakan alat bantu. Permainan akan lebih aman apabila digunakan di lingkungan berair atau tempat dengan landaan yang lembut. Biasanya permainan ini juga akan lebih menarik bila dijadikan wahana wet game.

Lihat artikel
Tempat Terbasah di Dunia
Wijen
Burung Anggang (Rangkong) Endemik
Kode Etik Pecinta Alam
Komodo Keajaiban Dunia
Casiope
Arti dan Makna Tato Suku Dayak
Tebing Unik Indonesia
Water Plant
Supervolcano
Sifat dan Golongan Darah
OWL (Alias Burung Hantu)
Bagaimana Jika Terjadi Petir
Kopi Part III
Outbound
Kopi (part 2)
Kopi
Katak juga Makhluk Hidup
Mengapa Edelweis istimewa
Perjalanan Anak Burung Maleo
Primata Unik Sang Penghuni Hutan Hujan Indonesia
Gen Penyebab Kantuk di Siang Hari


Kembali ke
CREATIVE JOURNEY
DO WE KNOW
GADGET AND GEAR
ONLY MIND
FREE DOWNLOAD
GUNUNG HUTAN

Halaman lain
WEB LINK
DODOLAN
HOME


1 comment:

  1. Seluruh foto adalah dokumentasi pribadi... (sekedar iklan kalau mau pesan E.O/event organizer bisa pesan ke ane .. hahaha)

    oh ya.. thx buat Indra dkk yang mau jadi model Highrisk nya..

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar, kritik dan saran anda sangat berarti. Saya tunggu ya komentarnya...