Monday, August 1, 2011

KOPI (part 2)



ASAL MUASAL NAMA

Kopi berasal dari bahasa arab yaitu qahwah yang berarti kekuatan. karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.

KOPI BAGI KESEHATAN

Banyak orang terlalu mencemaskan efek kopi bagi kesehatan. Tapi, bagaimana sebenarnya efek kopi untuk tubuh kita?
Kopi dalam jumlah yang tidak berlebihan sebenarnya sangat baik bagi tubuh. Dianjurkan kita meminum kopi minimal dua kali dalam sehari. 
Para pakar di Harvard University menyimpulkan bahwa kopi dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit Diabetes tipe 2, dimana Diabetes sanga t berpengaruh terhadap resiko Hipertensi, jadi kalau resiko diabetes sudah berkurang, maka secara tak langsung resiko terjadinya Hipertensi juga berkurang. Meminum 2 cangkir kopi dalam sehari juga mengurangi resiko terjadinya kanker Kolon (usus besar) hingga 25%, mengurangi resiko penyakit sirosis hati dan empedu.  
Seperti diketahui, kopi mengandung kafein dan banyak antioksidan lain. Sebagai perbandingan antioksidan dalam 1 cangkir kopi yang rata-rata sebanyak 85 mg kopi 3,5 kali lebih banyak dari pada 1 gelas teh maupun cokelat. Studi yang lain malah mendapatkan fakta bahwa kopi juga dapat mengontrol asma, sakit kepala (pusing) dan meningkatkan mood.
Kafein yang terkandung dalam kopi akan meningkatkan produksi adrenalin dalam darah sehingga memacu denyut jantung lebih cepat. Hal tersebut akan mempercepat aliran darah dan membuat pembuluh darah melebar dan melancarkan jalannya ‘sampah’ tubuh keluar melalui sistem ekskresi.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, kritik dan saran anda sangat berarti. Saya tunggu ya komentarnya...