Friday, March 25, 2011

GEN PENYEBAB KANTUK DI SIANG HARI


Apakah anda sering merasakan kantuk berlebih di siang hari? Bagi sebagian yang terbiasa berkehidupan malam, memang tidak mengherankan apabila tidak terbiasa terjaga di waktu siang. Namun jika anda merasa sudah memiliki waktu tidur sama seperti orang lain tapi masih tetap mengantuk di siang hari, tidak perlu heran. Ternyata sebagian manusia memang memiliki gen untuk ‘mengantuk’ di waktu siang.
American Academy of Neurology menerbitkan jurnal penelitan mereka yang meneliti gen pemberi pengaruh rasa kantuk. Adalah gen DQB1*0602 yang merupakan varian gen pada sebagian orang penyebab narkolepsi, atau penyakit gangguan tidur yang menyebabkan rasa kantuk berlebih di waktu siang. Varian gen tersebut baru-baru ini ditemukan pengaruhnya terhadap manusia pada sebuah penelitian oleh University Pensilvania school of medicine di Philadelphia, Amerika Serikat.
Dalam penelitian diambil 92 sampel pola tidur orang dewasa yang tidak memiliki varian gen tersebut dibandingkan dengan 37 sampel orang dewasa yang memiliki varian gen berpola tidur sehat. Akibat penelitian yang mengurangi jam tidur mereka, peserta sampel sempat mengalami gangguan tidur kronis.
Penelitian dilakukan dengan ‘mengganggu’ pola tidur mereka. Selama terjaga, mereka hanya diperbolehkan membaca, main game, menonton televisi, dalam ruangan berpencahayaan tinggi. Selain mengukur lamanya waktu tidur, peneliti juga menilai kualitas tidur mereka. Kemudian dilakukan tes daya ingat serta kemampuan untuk menahan kantuk di siang hari.
Hasil yang didapat adalah pemilik gen DQB1*0602 lebih mudah lelah baik dengan waktu tidur berkurang ataupun waktu tidur penuh. Penyebabnya ternyata ada pada kualitas tidur mereka. Pemilik varian gen tersebut rupanya tidak bisa tidur dengan ‘nyenyak’. Ketika tidur, mereka kerap terjaga empat hingga lima kali dalam semalam, sedangkan yang tidak memiliki gen tersebut hanya terjaga satu hingga dua kali. Selain itu, mereka dengan varian gen DQB1*0602 membutuhkan waktu lebih lama untuk terpejam. Bisa dikatakan bahwa pemiliki varian gen DQB1*0602 memiliki lebih sedikit waktu tidur atau lebih sedikit keinginan untuk tidur daripada orang tanpa gen tersebut. Sehingga mereka memang memiliki waktu istirahat yang kurang dan menyebabkan rasa kantuk di siang hari.
Namun ketika dilakukan tes daya ingat, ternyata tidak ada perbedaan kemampuan keduanya. Yaitu baik orang dengan varian gen DQB1*0602 maupun tanpa varian gen tersebut tidak terpengaruh kemampuannya akibat kurangnya waktu istirahat. Penelitian ini dapat digunakan sebagai pertimbangan bagi mereka yang merasa memiliki varian gen tersebut untuk memilih pekerjan dan jam kerja yang efektif


Lihat artikel
Tempat Terbasah di Dunia
Wijen
Burung Anggang (Rangkong) Endemik
Kode Etik Pecinta Alam
Komodo Keajaiban Dunia
Casiope
Arti dan Makna Tato Suku Dayak
Tebing Unik Indonesia
Water Plant
Supervolcano
Sifat dan Golongan Darah
OWL (Alias Burung Hantu)
Bagaimana Jika Terjadi Petir
Kopi Part III
Outbound
Kopi (part 2)
Kopi
Katak juga Makhluk Hidup
Mengapa Edelweis istimewa
Perjalanan Anak Burung Maleo
Primata Unik Sang Penghuni Hutan Hujan Indonesia
Gen Penyebab Kantuk di Siang Hari


Kembali ke
CREATIVE JOURNEY
DO WE KNOW
GADGET AND GEAR
ONLY MIND
FREE DOWNLOAD
GUNUNG HUTAN

Halaman lain
WEB LINK
DODOLAN
HOME



No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar, kritik dan saran anda sangat berarti. Saya tunggu ya komentarnya...